Friday, June 3, 2016

Tips sukses ditengah persaingan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)


AEC (ASEAN Economic Community) atau MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) adalah salah satu materi yang paling sering diangkat ke berbagai seminar sejak 2 tahun yang lalu. Kalau kamu perhatikan di sekitar, banyak banget orang yang nggak sadar tentang betapa pentingnya perubahan ini. Pada masa MEA, orang-orang bisa bekerja dan berdagang lintas negara dengan jauh lebih mudah. Sebagian anak muda merasa prihatin dengan adanya MEA karena takut lapangan pekerjaan di Indonesia akan dipenuhi oleh ekspatriat (orang asing yang bekerja di Tanah Air). Tanpa MEA, Indonesia sudah punya sangat banyak pengangguran. Nah, bagaimana cara sukses bertahan di tengah tantangan MEA?

1. Ubah mindset
Mindset atau pola pikir adalah hal yang harus 'diperiksa' pertama kali. Kalo mindset sudah negative thinking dan pesimis terus, bagaimana kamu bisa sukses? Alih-alih berpikir nanti bakal kalah saing sama pencari kerja dari negara lain, ubah mindsetmu jadi sesuatu yang positif. Dengan adanya MEA, berarti pasar yang bakal bisa menikmati usaha yang kamu punya nggak cuma orang Indonesia saja, tapi juga orang-orang Asia Tenggara. Berarti, makin banyak peluang, kan?
2. Yakinlah kalau kamu mampu
Biasanya orang yang pesimis adalah orang yang sadar kalau dirinya secara skill (kemampuan) berada di bawah rata-rata. So, yakinlah kalau kamu mampu, dan pikirkan sesuatu yang menantang, misalnya, "Aku akan bekerja di negara-negara ASEAN,", "Aku akan punya rekan kerja dari luar negeri", atau "Aku akan mengembangkan bisnis ke berbagai negara di ASEAN."
3. Kerja keras
Belajarlah dengan rajin, rajinlah membaca, banyak berkenalan dengan orang untuk membangun network, dan sebagainya.
Dengan melakukan 3 hal itu, kamu bakal bisa sukses menghadapi tantangan MEA. Selamat mencoba!
sumber:http://www.merdeka.com/

No comments:

Post a Comment